Tidak Perlu Was-was, Ini Tips Mengamankan Motor dari Maling

Oleh : Writer Bro-In


Pencurian sepeda motor sampai sekarang masih rentan terjadi. Bahkan maling dapat melakukannya dalam hitungan detik. Sebagai bentuk antisipasi, setiap pemilik sepeda motor harus mengetahui tips untuk mengamankan motor dari maling.

Tips Jitu Mengamankan Motor dari Maling 

Agar motor aman dari pencurian maling, Anda bisa menambahkan beberapa sistem tambahan sebagai pengaman kendaraan. Apa saja sistem tambahan tersebut?  Simak ulasan berikut.

1. Menambahkan Alarm

mengamankan motor

Memberikan Alarm Tambahan

Tips untuk mengamankan motor yang pertama yaitu menggunakan sistem tambahan alarm. Anda bisa menggunakan alarm di bagian motor yang dimungkinkan aman dan tersembunyi. Jangan sampai letak alarm ini diketahui oleh orang lain.

Alarm ini akan bekerja ketika maling berusaha mencuri motor Anda. Secara otomatis alarm akan mendeteksinya dengan mengeluarkan bunyi. Bunyi alarm tersebut tentunya akan membuat maling resah. 

Bukan hanya itu, bunyi alarm juga akan menarik perhatian orang lain akan adanya maling yang mencuri motor Anda. Setelah mendengar bunyi alarm, Anda juga akan langsung menuju tempat parkir motor sehingga motor tetap aman. Pastikan pasang alarm di bagian yang terlindung paparan sinar matahari dan air hujan. Supaya alarm tetap berfungsi terus.

2. Baut dan Mur

Tips selanjutnya yaitu menambahkan baut dan mur. Sistem ini bisa Anda letakkan di piringan cakram. Karena memiliki ukuran yang beragam, pastikan ukuran baut dan mur sesuai dengan ukuran lubang piringan cakram motor Anda. Setelah alat ini dipasang, maka ban motor tak akan bisa berputar.

Namun, Anda harus ingat ketika ingin menjalankan motor. Jangan sampai lupa membuka baut dan mur yang digunakan untuk mengunci piringan cakram. Anda harus membukanya terlebih dahulu supaya motor bisa kembali digunakan.

3. Disc Lock

mengamankan motor

Memberikan Tambahan Pengunci alias Disc Lock

Tips untuk mengamankan motor selanjutnya yaitu menggunakan sistem keamanan kendaraan disc lock. Cara menggunakan disc lock dengan memasangnya di  bagian lubang ventilasi cakram. Baik di bagian depan atau belakangnya. 

Dengan memasang disc lock, maka cakram motor akan bisa terkunci dengan baik. Bahkan motor tidak akan berpindah tempat tanpa sepengetahuan Anda. Disc lock sendiri mempunyai berbagai ukuran dan merk. Maka dari itu, pastikan memilih disc lock yang sesuai dengan motor Anda.

4. U-Lock / D-Lock

Tips lainnya yaitu menggunakan sistem tambahan U-Lock atau D-Lock. Sesuai dengan namanya, gembok dengan ukuran besar ini memiliki bentuk seperti huruf U dan D. Cara menggunakannya, Anda bisa aplikasikan sistem ini di bagian velg dan cakram sehingga keduanya tak akan bisa berputar.

Sistem ini memiliki dua metode penguncian, yaitu menggunakan metode kunci dan kode kombinasi. Dari dua metode penguncian tersebut, pilih metode yang menurut Anda sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Pilih metode yang menurut anda praktis.

5. Kunci Rahasia

mengamankan motor

Memberikan Tambahan Berupa Kunci Rahasia

Tips untuk mengamankan motor terakhir dengan memanfaatkan kunci rahasia. Letak kunci rahasia ini hanya diketahui oleh Anda saja. Dikarenakan tidak ada orang yang tahu letak kunci rahasia selain Anda, maka motor tidak tersebut tidak bisa dinyalakan oleh sembarangan orang tanpa seizin Anda.

Bila kemungkinan maling berhasil membobol rumah kunci dan posisi kunci sudah dalam kondisi ON. Maling tetap tidak akan bisa menyalakan motor Anda tanpa mengaktifkan kunci rahasia ini. Anda bisa meletakan tempat kunci ini di lampu sein atau bahkan tempat tersembunyi lainnya.

Demikian tips untuk mengamankan motor dari maling dengan menggunakan sistem tambahan yang akan menjaga motor Anda tetap aman. Selamat mencoba dan tetap waspada!

Tunggu dulu, jangan lupa setelah kamu memasang pengaman motor lakukan cuci tangan agar higienis dan terhindar dari virus Corona. Yuk simak panduannya di 6 Langkah Cuci Tangan Versi WHO Guna Cegah Virus Corona.

Tinggalkan komentar Bro