Wajib Catat! Ini Tips Berkendara Saat Hujan Agar Aman

Oleh : Writer Bro-In


Ada beberapa tips berkendara saat hujan yang penting untuk dipahami. Apalagi saat ini musim hujan telah tiba dan membuat kita cukup was-was untuk berkendara di jalanan. Pasalnya saat musim hujan tiba, kerap kali terjadi kecelakaan karena kondisi jalanan yang licin apalagi jika ditambah banjir. 

Kejadian seperti ini sangat berbahaya, terlebih lagi saat membonceng anak-anak. Dalam musim penghujan seperti sekarang, kamu harus mulai waspada ketika ingin nekat berkendara saat hujan. Sebaiknya, jika keperluan bepergian kamu bisa ditunda sebaiknya ditunda, tetapi jika sangat penting kamu harus menerapkan tips berkendara saat hujan berikut ini agar tetap aman di perjalanan.

Tips Berkendara Saat Hujan

1. Periksa Kondisi Lampu kendaraan

tips berkendara saat hujan

Pastikan bahwa lampu kendaraan aman dan terang

Tips yang pertama, sebelum berangkat dengan menggunakan kendaraanmu. Pastikan kondisi lampu pada kendaraan berfungsi dengan normal. Biasanya bagi pengguna mobil, usahakan periksa dahulu kondisi lampu senja, lampu utama, lampu kabut, lampu rem, dan lampu sein atau lampu tanda belok berfungsi dengan baik. Nyalakan lampu utama ketika hujan deras.

Supaya jarak pandangan tetap jelas, biasanya ketika hujan deras akan berpeluang munculnya kabut yang dapat menghalangi pandangan ketika berkendara. Bagi pengguna sepeda motor pastikan juga kondisi lampu pada motormu dapat berfungsi dengan baik. Terutama untuk lampu sein dan lampu rem. 

Agar pengendara lain yang ada di belakang dapat mengetahui ketika kamu hendak berhenti atau mengurangi kecepatan motor dan juga ketika hendak berbelok. Hindari penggunaan jas hujan model kelelawar. Biasanya akan menyulitkan pengendara pada kondisi hujan angin

2. Periksa Kondisi Ban

Tips ini juga sangat penting diterapkan jika hendak berkendara saat hujan, kamu pernah mengalami atau menjumpai kejadian kecelakaan yang penyebabnya karena ban kendaraan mengalami slip. Itu disebabkan karena tekanan ban yang tidak sesuai dengan standar serta kondisi ban yang sudah tipis. Jika merasa kondisi ban kendaraan sudah banyak terkikis, sebaiknya ganti dengan yang baru. 

3. Periksa Sistem Kontrol Kendaraan

tips berkendara saat hujan

Pastikan bahwa sistem kontrol kendaraan aman

Tips berkendara saat hujan satu ini juga tidak kalah penting. Selalu periksa sistem kontrol kendaraan, seperti tuas gas, rem, dan kopling pada kendaraan berjalan dengan baik. Pastikan selalu melakukan pengecekan dan perawatan berkala mengenai sistem kontrol pada kendaraan mu.

4. Selalu Jaga Jarak Saat Berkendara

Ketika hujan lebat, pasti akan membuat kamu kesulitan melihat jalan dengan jelaskan. Untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan kamu harus selalu menjaga jarak dengan kendaraan di depan. Serta hindari untuk menyalip kendaraan yang ada di depan.

5. Kurangi Kecepatan Saat Berkendara

tips berkendara saat hujan

Jangan berkendara dalam kecepatan tinggi

Jika kamu terbiasa berkendara dengan kecepatan tinggi, sebaiknya dihindari ketika kamu mengemudi di kondisi hujan deras. Ini bertujuan untuk mengurangi risiko ban kendaraan mengalami slip (tergelincir) karena jalanan yang licin akibat genangan air. Lebih baik sampai tujuan lebih lama dengan aman ya.

6. Selalu Pantau Situasi Jalan Saat Berkendara

Pastikan kamu selalu memperhatikan situasi di jalan yang dilewati. Pastikan kendaraan tidak melewati genangan air yang cukup tinggi, bagi pengendara mobil ketika kamu memaksakan melewati genangan tersebut dan ada air yang yang masuk melalui saluran udara ke mesin. Itu akan berakibat fatal pasalnya air yang masuk ke dalam mesin akan membuat mesin mobil mati. 

Kondisi ini malah akan membuat kamu terjebak dalam banjir. Bagi pengguna sepeda motor juga diharapkan tidak melewati genangan air yang dirasa cukup tinggi. Sebab, jika kamu tetap nekat melewatinya bisa saja di dalam genangan tersebut kondisi jalannya berlubang dan akan membuat kamu terperosok dan mengalami kondisi yang tidak diinginkan.

Nah, itulah tips untuk berkendara saat hujan yang bisa kamu terapkan sebelum bepergian. Selalu berdoa dan cek kondisi kendaraan kamu sebelum berangkat ya agar selamat sampai tujuan. Semoga bermanfaat! 

Tinggalkan komentar Bro