5 Aplikasi Pemotong Video yang Mudah Digunakan

Oleh : Writer Bro-In


Bagi kamu seorang YouTuber pemula yang bingung karena tidak bisa memotong video sendiri, dan harus membayar jasa untuk mengedit video kamu bisa menggunakan aplikasi pemotong video berikut ini. Tentunya lebih mudah digunakan dan memberikan hasil yang tidak mengecewakan. Apa saja aplikasi-aplikasi tersebut?  Simak ulasannya berikut ini.

Aplikasi Pemotong Video Paling Mudah Digunakan

1. Filmora

aplikasi pemotong video

Memotong durasi video menggunakan aplikasi Filmora

Aplikasi pemotong video pertama yang bisa kamu gunakan adalah Filmora. Kamu bisa mengunduhnya di Google Play Store. Banyak hal yang ditawarkan oleh Filmora, salah satunya adalah ikon pemotong video. Untuk melakukan edit video dengan aplikasi ini ada trim tools yang bisa kamu pakai. Tinggal atur saja bagian video mana yang ingin dipotong. 

2. Story Cutter

Jika kamu memiliki sebuah video bagus yang ingin diunggah oleh instagram, kamu harus memperhatikan durasinya agar tidak lebih dari 1 menit. Akan tetapi, jika kepanjangan kamu bisa memotongnya dengan Story Cutter. Cukup unduh aplikasi Story Cutter ini di Google Play Store. Jika sudah, kamu bisa mengaplikasikannya.

Caranya cukup mudah. Buka aplikasi, dan pilih video yang ingin dipotong sesuai dengan instagram story yang diinginkan. Pilih panjang masing-masing klip video yang ingin dipisahkan dengan segmen kurang dari 10 detik, 15 detik, 30 detik, 45 detik, dan 60 detik. Jika sudah memilih opsi, tunggu sampai proses video jadi dan tersimpan di galeri.

3. Viva Video

aplikasi pemotong video

Menggunakan Viva Video untuk Kebutuhan Editing

Jika kamu kesulitan untuk mengedit video di laptop atau PC, kamu bisa menggunakan smartphone yang lebih ringan dan praktis untuk melakukan pekerjaan edit video ini. Salah satu aplikasi pemotong video yang bisa dioperasikan melalui HP adalah viva video. Caranya pun cukup mudah.

Setelah mendownload di Apps Store, buka aplikasi viva video dan pilih video yang ingin dipotong dari galeri. Nantinya, video yang kamu pilih akan muncul dalam jendela aplikasi. Selanjutnya, kamu bisa menggeser durasi yang diinginkan.

Setelah itu silahkan tentukan bagian mana yang ingin dipotong. Tekan ikon ‘Cut’ untuk memotong dan ‘Add’ untuk menambahkannya. Jika sudah yakin, kamu bisa tekan ‘Done’. Lalu ‘Export to Gallery.’

4. Kine Master

Selain Viva video, aplikasi pemotong video yang bisa kamu gunakan lewat HP selanjutnya adalah Kinemaster. Caranya pun cukup mudah. Setelah mendownload di Google Play Store, langkah selanjutnya adalah klik tanda Plus (+) pada bagian tengah KineMaster untuk memulai membuat file video yang baru.

Pilih ikon ‘media’ untuk menambahkan video. Jika sudah terpilih, kamu bisa mengatur timeline secara otomatis pada tanda centang yang berada di pojok kanan atas. Geser video ke kanan ataupun ke kiri untuk menentukan pada menit ke berapa kamu ingin memotong video.

Jika sudah, kamu bisa memilih ikon ‘Gunting’ dan klik ‘Menu’ lalu klik tanda centang di bagian atas. Setelah itu maka video akan terpotong sesuai dengan durasi yang kamu inginkan. Sangat mudah bukan?

5. VidTrim

aplikasi pemotong video

VidTrim untuk durasi video Instagram yang sesuai

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini bisa memudahkan untuk memotong video. Aplikasi yang satu ini juga tergolong mudah dalam penggunaannya. Bahkan untuk pemula di dunia editing sekalipun. 

Selain bisa menemukan fitur memotong video, VidTrim juga mempunyai fitur lain seperti video converter dan video organizer yang juga dapat digunakan dengan mudah. Dengan ikon ini, kamu bisa meng-convert sendiri file video yang ada ke dalam format file sesuai kemampuan smartphone-mu.

Itulah kelima aplikasi pemotong video yang bisa digunakan dengan mudah, terutama bagi pemula sekali pun. Dengan berbagai aplikasi ini, kebutuhan editing video yang kamu miliki menjadi lebih mudah dan tidak ribet. Selamat mencoba! 

Tinggalkan komentar Bro