8 Langkah Penting Sepulang Bepergian Saat Pandemi Corona

Oleh : Bun Gaul


Saat berlangsung social distancing atau jaga jarak ketika berada di tempat umum, ada beberapa kegiatan yang masih dipertimbangkan untuk dilakukan, misalnya adalah berbelanja kebutuhan pokok sehari-hari. Walaupun berbelanja kebutuhan pokok ini disarankan untuk dilakukan 1-2 minggu sekali untuk mencegah penyebaran virus Corona.

Saat harus bepergian dalam rangka belanja kebutuhan pokok ke pasar, minimarket atau supermarket ada beberapa perilaku hidup sehat yang harus diterapkan untuk mencegah penyebaran virus Corona, antara lain:

  • Memakai pakaian yang tertutup, seperti baju lengan panjang, celana panjang, dan topi
  • Memakai masker dan sarung tangan 
  • Membawa hand sanitizer
  • Tetap jaga jarak minimal 1 meter (misalnya saat mengantri pembayaran)

Tidak hanya mempersiapkan untuk keluar rumah, banyak masyarakat masih belum terpapar edukasi mengenai prosedur standar setelah keluar dari rumah. Karena virus, bakteri dan kuman mempunyai potensi menyebar di pakaian, barang bawaan atau belanjaan kita. Berikut ini beberapa langkah perilaku hidup bersih dan sehat yang wajib diikuti sesaat setelah pulang ke rumah setelah berpergian.

8 Langkah Penting Sepulang Bepergian Saat Pandemi Corona

Langkah 1:

lepas sepatu saat masuk rumah

Buka sepatu, sandal atau alas kaki yang Bro pakai di depan rumah. Selain itu Bro juga harus melepaskan jaket atau helm yang dipakai juga.

Langkah 2:

kosongkan isi kantong

Melipir ke tempat sampah untuk kosongkan isi kantong, buang bon-bon atau kertas yang tidak terpakai. Jika ragu, ambil foto dengan hape Bro dulu

Langkah 3:

buang masker sekali pakai

Hancurkan masker sekali pakai yang sudah tidak layak, buang di tempat sampah.

Langkah 4:

semprot dengan desinfektan

Semprot dengan desinfektan semua barang bawaaan kamu Bro, seperti: Hape, kacamata, tas ransel, kunci, dan barang belanjaan

Langkah 5: 

masuk ruangan tanpa alas kaki

Barulah masuk rumah tanpa memakai alas kaki

Langkah 6:

cuci tangan berdasarkan who

Cuci tangan dengan air bersih yang mengalir dengan 6 langkah menurut WHO

Langkah 7:

mandi

JANGAN REBAHAN. Langsung menuju kamar mandi untuk mandi dengan sabun, keramas memakai sampo dan gosok gigi dengan pasta gigi.

Langkah Terakhir:

berkumpul dengan keluarga

Saatnya rebahan dan menyapa anggota keluarga di rumah.

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat untuk Cegah Infeksi Virus Corona

Perubahan Kecil Di Rumah

Dari langkah-langkah di atas, ada satu hal penting yang harus diperhatikan untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, yaitu: mulai untuk meletakkan tempat sampah dan cairan desinfektan di depan pintu masuk rumah.

Dengan adanya pandemi ini, ada yang perlu diubah di tempat tinggal kamu Bro. Tempat sampah yang biasanya ada di dalam rumah, kamar atau dapur kamu saat ini perlu memindahkan atau menambahkan satu di halaman atau di teras depan. 

Cairan desinfektan tidak harus dengan membeli, namun dapat dibuat sendiri dengan mencampur air dengan cairan pemutih dan alkohol. Cairan ini dapat dimasukkan ke semprotan spray bekas dan wajib diletakkan di depan pintu masuk tempat tinggal.

Tempat sepatu juga perlu dipindah ke depan tempat tinggal kamu. Selain itu juga gantungan jaket dan helm. 

Berbelanja Saat Social Distancing atau Karantina

Panic buying sempat terjadi saat pemerintah pusat Indonesia memberlakukan fase Social Distancing di pertengahan Maret 2020. Namun beberapa orang berspekulasi untuk mulai memborong kebutuhan pokok untuk 1 hingga 2 minggu. Bagaimana cara mengatur kebutuhan pokok agar tidak perlu berbelanja setiap hari atau 2 hari sekali adalah tantangan setiap rumah tangga. Bijak dalam mengkonsumsi dan berhemat adalah salah satu kunci dalam mengelola ketahanan pangan rumah tangga. Mengkonsumsi nasi putih, telur dan kecap dilansir memenuhi kebutuhan kalori untuk satu hari, apalagi saat di rumah tidak banyak tenaga kalori yang dibutuhkan dibanding saat harus beraktifitas keluar rumah.  

Mengatur barang belanjaan untuk 1 minggu atau lebih di dalam kulkas juga merupakan tantangan tersendiri. Hal ini permasalahannya bukan di ukuran kulkas, namun teknik manajemen penyimpanannya apakah sudah sesuai dengan perilaku hidup bersih dan sehat. Salah satu yang populer di 2019 lalu adalah teknik Konmari yang dipopulerkan oleh seorang konsultan penataan barang asal Jepang: Marie Kondo. Teknik penataan di kulkas dengan metode Konmari membutuhkan box plastik kecil untuk menyimpan bahan makanan hingga 2 minggu. Hal ini sangat bisa dicoba!

Penyebaran Virus Melalui Paket Dan Barang Belanjaan

paket dan barang belanjaan

WHO belum memastikan secara pasti penyebaran Coronavirus melalui barang belanjaan, makanan delivery online atau belanja online. Hal ini juga disanggah dengan data dari New England Journal of Medicine tanggal 11 Maret 2020 lalu mengenai virus ini dapat hidup di kertas kardus dan plastik selama 3 jam atau hingga 2 hari. Hal ini tidak ada salahnya untuk berjaga-jaga melakukan beberapa langkah perilaku hidup bersih dan sehat di atas, terutama langkah 4 untuk menyemprot barang bawaan dan barang belanjaan kita dengan desinfektan. Beberapa tips dari masyarakat saat pandemi ini berlangsung setelah berbelanja secara langsung maupun secara online:

  • Menyemprot dengan desinfektan
  • Unboxing di depan rumah dan buang langsung kardus dan bubble wrap pembungkus
  • Untuk beberapa saat tinggalkan di depan rumah agar terkena sinar matahari
  • Memanaskan kembali makanan yang dibeli secara delivery atau layanan online
  • Cuci buah dan sayur dengan sabun khusus

Dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat secara otomatis akan menciptakan lingkungan yang sehat. Lingkungan yang sehat juga mencegah timbulnya berbagai penyakit serta meminimalisir penyebaran virus Corona.

Nah Bro,yuk ikut berperan aktif dalam mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat terutama untuk mencegah penyebaran virus Corona agar tidak semakin meluas.  Mudah-mudahan kita semua selalu sehat dan terlindungi ya!

Tinggalkan komentar Bro