Cara Live Streaming Youtube di PC yang Cepat dan Mudah

Oleh : Writer Bro-In


Live streaming, adalah hal yang biasanya dilakukan para publik figur untuk lebih dekat dengan followersnya. Salah satu platform yang bisa digunakan untuk live streaming adalah Youtube. Cara live streaming youtube di PC juga sangat mudah dan bisa dilakukan dengan cepat. Inilah panduan yang bisa kalian ikuti. 

Simak Langkah Cara Live Streaming Youtube di PC

1. Mengaktifkan Live Streaming YouTube

cara live streaming youtube di PC

Aktifkan terlebih dahulu live stream yang ada di YouTube

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan jika ingin melakukan live streaming alias siaran langsung adalah melalui ikon yang sudah disediakan oleh YouTube sendiri.  Kamu bisa menginstal software yang bernama OBS. Kamu juga bisa mengakses lewat https://support.google.com/youtube/answer/2907883?hl=id

Setelah itu, kamu tinggal jalankan software OBS tersebut. Kamu juga bisa menjalankan browser Google Chrome atau Mozilla Firefox, kemudian masuk ke admin YouTube Live Dashboard. Setelah masuk, kamu bisa mengubah judul Live Streaming-nya dan deskripsinya. Masukkan “stream key” lalu copy.

Belum sampai di sini saja, kamu bisa meng-copynya kembali di aplikasi OBS dan pilih menu “stream” lalu pilih bagian “service” mejadi YouTube / Youtube Gaming. Masukkan kode, lalu klik “Ok”. Jika tombol Start Streaming berubah menjadi Stop Streaming, itu artinya Live Streaming Berhasil.

2. Memasukkan Media

cara live streaming youtube di PC

Silahkan masukkan media yang akan ditampilkan

Selain mengaktifkan langsung pada ikon yang terdapat dalam YouTube, kamu juga bisa memasukkan media dengan memperhatikan langkah-langkah berikut. Melanjutkan tutorial pertama di atas, dimana posisi kamu sudah mengaktifkan live streaming. Kemudian silahkan pilih tombol (+) pada menu source.

Selanjutnya, pilih “Media Source”  lalu pilih tombol “Browse”. Selanjutnya, kamu bisa mencari video atau film yang ingin kamu gunakan dengan meng-klik “Ok”. Setelah selesai, kamu bisa mengatur berapa ukuran videonya.

3. Cara Lain

cara live streaming youtube di PC

Cara lain menggunakan tombol live streaming secara langsung

Selain memperhatikan kedua cara di atas, kamu juga bisa menggunakan cara lain jika ingin live streaming di YouTube. Silahkan mau login pada channel YouTube, kemudian klik logo yang terdapat di bagian pojok kanan atas, pilih Creator Studio. Jika sudah, kamu tinggal klik “Live Streaming/ Siaran Langsung”. 

Langkah selanjutnya adalah kamu tentukan isi judul, deskripsi dan thumbnail terlebih dahulu, atau opsi lainnya. Selanjutnya, kamu bisa scroll ke bawah dan memilih pada menu Encoder Setup. Kemudian salin Server URL dan Stream name/key untuk aplikasi OBS nanti. 

Seperti pada langkah pertama, kamu masuk ke aplikasi OBS. Kemudian lanjutkan dengan mengubah Stream Type menjadi Custom Streaming Server, dan tempelkan. Untuk langkah selanjutnya, kamu bisa mengikuti seperti petunjuk pada poin pertama yang sudah dibahas di atas. 

Hal yang Perlu Diperhatikan

Hal-hal yang perlu kamu perhatikan ketika melakukan live streaming pastinya adalah jaringan dan juga kualitas penyorotan. Jangan sampai, ketika live sedang berlangsung tiba-tiba mati karena kuota habis atau jaringan wifi yang tidak stabil. Selain itu, kamu juga bisa memperhatikan tata letak. 

Mulai dari pencahayaan tempatmu melakukan live streaming, sampai posisi terbaikmu. Jangan sampai kamu tidak nyaman karena hal itu akan mengganggu proses live streaming mu. Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, kegiatan live streaming yang kamu lakukan bisa berjalan lancar. 

Itulah panduan cara live streaming youtube di PC. Dengan mengetahui berbagai cara ini, kamu bisa mulai melakukan live stream dengan mudah. Selamat mencoba dan happy streaming! 

Tidak ada salahnya jika kamu melakukan live di udara terbuka. Selain pemandangannya bagus, yang akan menambah kesan estetikamu ketika live berlangsung, malakukan siaran langsung di alam juga bisa mengantisipasi untuk mendapatkan jarigan yang bagus.

 

Tinggalkan komentar Bro