Pecinta Durian, Cari Tahu Cara Memilih Durian yang Bagus Yuk! 

Oleh : Writer Bro-In


Durian, merupakan buah yang mudah sekali dijumpai di negara tropis seperti Indonesia. Buah yang terkenal sebagai raja buah ini, nyatanya memang menawarkan cita rasa yang lezat dengan segudang khasiat untuk tubuh. Meskipun dibandrol dengan harga mahal, tidak semua durian mempunyai kualitas bagus. Lalu, bagaimana cara memilih durian yang bagus?

5 Cara Memilih Durian yang Bagus

1. Pilih Buah yang Bulat

cara memilih durian yang bagus

Selalu pilih bentuk durian yang bulat

Mungkin, bagi sebagian orang tidak akan begitu jelas dan detail memperhatikan bentuk durian. Padahal hal ini cukup penting. Buah durian yang bulat sempurna menunjukkan kecenderungan memiliki edible portion atau porsi daging yang lebih banyak dibanding buah yang berbentuk lonjong.

Untuk itu, jangan pernah sekali-kali kamu memilih buah durian yang bentuknya sedikit aneh. Dalam artian tidak bulat sempurna ataupun lonjong. Pasalnya, durian yang sedikit bengkok dengan sisi yang tidak sempurna cenderung memiliki daging buah yang sedikit.

Begitu juga dengan durian yang berbentuk lonjong. Pasalnya, kulit durian akan memakan tempat lebih banyak, sehingga daging buah cenderung sedikit jika dibandingkan dengan durian berbentuk bulat sempurna. Karena dalam durian yang berbentuk bulat sempurna didapat porsi daging di atas 30 persen, contohnya durian montong.

2. Cek Ujung Bawah Durian

Cara memilih durian yang bagus selanjutnya adalah, coba lihat pada bagian bawah durian. Jika kamu sudah menemukan buah durian dengan bentuk bulat sempurna, coba lihat bagian bawahnya. Apakah sudah merekah atau masih tetap utuh dan tidak terbuka.

Meskipun terkesan sepele, nyatanya hal ini bisa mempengaruhi rasa durian. Karena durian yang bagian bawahnya sudah terbuka, akan mendapatkan udara yang masuk ke dalamnya sehingga mempengaruhi rasa daging buah. Rasa manis durian akan menurun secara signifikan, bahkan terasa hambar.

3. Cek Bagian Tangkai

cara memilih durian yang bagus

Jangan lupa untuk mengecek bagian tangkai durian

Buah durian yang enak biasanya adalah yang masak secara alami dan jatuh langsung dari pohon. Untuk memastikan hal ini, kamu bisa melihat pada bagian tangkai durian. Apakah tangkainya rata, atau tidak. Jika tangkai pada durian tersebut tidak rata, bisa dipastikan durian itu jatuh dengan sendirinya dari pohon.

Akan tetapi, jika tangkai durian tersebut rata bisa jadi itu hasil potongan atau dipetik sebelum durian masak pada waktunya. Maka dari itu perhatikan hal ini dengan baik. Pilihlah durian yang bertangkai tidak rata agar rasa durian lezat dan matang alami di pohonnya. 

4. Mengeluarkan Bunyi Gema

Pastinya kamu tidak asing lagi dengan pedagang buah yang sering mengetuk-ngetuk bagian durian sebelum memilihkannya kepada pembeli. Hal ini bertujuan untuk mengecek, apakah daging durian sudah matang dan layak konsumsi ataukah belum.Untuk mengecek suara gema pada durian ini, kamu tidak bisa menggunakan tangan kosong. 

Pasalnya, nanti akan melukai tanganmu. Coba ketika bagian durian menggunakan pisau. Jika bergema, maka tandanya daging durian sudah matang dan siap dikonsumsi.

Selain dari bunyinya, kamu juga bisa melihat durinya. Durian dengan duri yang tajam dan jarang bisa dipastikan bahwa daging buahnya cenderung lebih kering. Untuk itu, kamu bisa memilih durian dengan duri yang panjang dan rapat, untuk mendapatkan daging yang besar.

5. Bau Durian

cara memilih durian yang bagus

Aroma durian juga bisa menandakan tingkat kematangannya

Cara memilih durian yang bagus terakhir adalah dari bau harum yang ditawarkan raja buah yang satu ini. Semua orang pasti tahu, bahkan yang awam pun jika membeli durian hal yang pertama dilakukan adalah menciumnya. Hal ini memang sangatlah cocok dilakukan untuk mengetahui tingkat kematangan durian.

Durian dengan bau menyengat, bisa dipastikan jika daging buahnya matang. Berbeda dengan durian yang mungkin tidak begitu mengeluarkan bau. Oleh karena itu jika membeli durian, pilihlan dengan bau yang menyengat ya! 

Itulah lima cara memilih durian yang bagus untuk kamu para pecinta durian. Jangan tergiur dengan harga mahal yang ditawarkan oleh penjual nakal. Dengan tips ini durian yang kamu konsumsi akan jauh lebih nikmat dan lezat. Selamat mencoba! 

Tinggalkan komentar Bro