Simak Tata Cara memilih Lovebird untuk Lomba Agar Menang 

Oleh : Writer Bro-In


Bagi kamu pecinta burung, mendengar kata lovebird mungkin sudah tidak asing lagi. Lovebird sendiri merupakan jenis burung yang paling banyak digemari untuk diperlombakan karena memiliki kicauan yang indah. Lalu, bagaimana cara memilih lovebird untuk lomba yang tepat?

Jangan Lewatkan 5 Cara Memilih Lovebird untuk Lomba

1. Pilih Jenis Kelamin Betina

cara memilih lovebird untuk lomba

Usahakan memilih lovebird betina

Cara memilih lovebird pertama kali harus kamu perhatikan sebelum memperlombakan lovebird adalah jenis kelaminnya. Pastikan kamu memilih burung yang berkelamin betina. Jika pada umumnya dalam sebuah perlombaan kicau burung yang dipilih adalah burung jantan, hal ini tidak akan berlaku untuk perlombaan lovebird.

Burung lovebird berkelamin betina sendiri dipilih karena lebih cerewet dibandingkan dengan yang berkelamin jantan. Sehingga dalam hal ini, lovebird akan lebih banyak mengeluarkan suara ketika dipancing oleh sebuah bunyi maupun suara dari lovebird lainnya. Tentu hal ini akan lebih bagus untuk perlombaan. 

2. Perhatikan Bentuk Tubuh Burung

Cara memilih lovebird untuk perlombaan berikutnya yang harus kamu perhatikan adalah dari segi postur tubuhnya. Kamu bisa memilih lovebird dengan paruh yang pangkalnya cenderung lebar, sehingga terlihat lebih kokoh. Jangan sampai memilih burung lovebird untuk perlombaan dengan paruh yang tipis karena ini juga bisa mempengaruhi suara burung.

Selain memperhatikan bentuk paruhnya, pastikan juga kamu memilih lovebird dengan kepala yang berukuran besar untuk diperlombakan. Lovebird yang mempunyai kepala besar sendiri dipercaya mempunyai mental yang lebih tinggi. Tentu akan lebih cocok dijadikan sebagai burung perlombaan.

3. Perhatikan Keturunan Lovebird

cara memilih lovebird untuk lomba

Perhatikan bagaimana keturunan lovebird

Meskipun terdengar sepele, namun hal ini sangat penting kamu perhatikan sebelum memperlombakan lovebird. Lovebird dengan bibit unggul akan membuat keturunanya juga mempunyai kualitas yang tak kalah baik dari induknya. Baik dari segi suara, badan, maupun corak warna tubuhnya.

Selain itu, kamu juga bisa memilih lovebird dengan postur tubuh yang sedang. Tidak besar juga tidak terlalu kecil. Pastikan juga jika lovebird yang akan kamu perlombakan memiliki leher yang lebih panjang. Karena hal ini juga akan mempengaruhi suara yang dihasilkan.

4. Pastikan Kondisi Tubuhnya

Sebelum memperlombakan seekor burung lovebird dalam turnamen kejuaraan, hal yang tak kalah penting adalah memastikan kesehatan kondisinya. Jangan sampai kamu memilih burung yang sedang sakit atau tidak fit, karena ini juga bisa mempengaruhi mood burung dan kicauan yang dihasilkan.

Sebelum hari H perlombaan, pastikan kamu memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh lovebird. Sehingga bisa menambah kemerduan kicaunya. Tidak ada salahnya jika kamu memberikan lovebird racikan minuman jamu herbal yang bisa membuat suaranya merdu dan menjaga kesehatannya sampai hari H perlombaan.

5. Pilih Lovebird Bermental Juara

cara memilih lovebird untuk lomba

Pilih lovebird dengan mental juara

Cara memilih burung lovebird untuk perlombaan selanjutnya yang tidak kalah penting adalah pilihlah burung yang bermentalkan juara.  Tipsnya adalah pilih burung dengan leher yang panjang dan padat sehingga bisa menghasilkan suara dengan sangat maksimal. Hal ini tentunya akan sangat berpengaruh ketika di perlombaan nanti.

Selain itu, hal yang harus kamu perhatikan adalah pilihlah lovebird dengan mata yang berukuran besar dan bola mata yang bersih. Karena hal ini menunjukkan jika kondisi lovebird baik-baik saja dan mempunyai mental juara. Lovebird yang bermental juara juga aktif, jika dibandingkan dengan lovebird yang biasa.

Itulah lima cara memilih lovebird untuk lomba yang harus kamu perhatikan. Pastikan kamu memperhatikan setiap poin di atas sebelum melombakan lovebird juara banggan kamu. Dengan begitu kemenangan dalam perlombaan bisa kamu raih! 

Tinggalkan komentar Bro