Cara Tidur Nyenyak dan Bangun Pagi agar Lebih Produktif

Oleh : Writer Bro-In


Tidur merupakan salah satu kebutuhan agar tubuh dapat beristirahat. Pastikan lama tidurmu tercukupi agar dapat lebih produktif lagi  ketika pagi hari. Lama waktu tidur pun harus diperhatikan, yaitu berkisar 6-8 jam. Selain itu kualitas tidur yang nyenyak juga perlu diperhatikan. Inilah cara tidur nyenyak dan bangun pagi yang bisa kamu coba. 

5 Cara Tidur Nyenyak dan Bangun Pagi

1. Atur Kegiatan Malammu

cara tidur nyenyak dan bangun pagi

Usahakan untuk Mengatur Kegiatan Di Malam Hari

Langkah awal yang bisa kamu terapkan untuk mendapat tidur yang nyenyak adalah mengatur waktu untuk tidur itu sendiri. Tidur terbaik berkisar mulai jam 8-9 malam. Kebiasaan begadang akan membuat waktu tidur jadi lebih larut, dan membuatmu tidur tidak nyenyak. Belum lagi, begadang membuatmu susah untuk bangun pagi.

Untuk menghindari itu, cobalah atur terlebih dahulu kegiatan malammu. Jangan memaksakan diri untuk menyelesaikan aktivitas jika itu sudah masuk waktunya istirahat. Pastikan tubuh mendapatkan haknya untuk beristirahat agar kembali fit ketika pagi hari.

2. Hindari Olahraga Sebelum Tidur

Tips tidur nyenyak selanjutnya adalah hindari berolahraga terlalu berat sebelum tidur. Olahraga malam hari seperti gym, futsal, atau yang lainnya akan membuat tubuh cepat lelah. Bukannya cepat tidur, olahraga pada malam hari justru bisa membuat tubuh terjaga karena efek segar yang ditimbulkan.

Untuk itu, pastikan kamu tidak melakukan olahraga berat sebelum tidur. Akan tetapi, bagi kamu yang sulit tidur setelah berolahraga, disarankan menggantinya dengan relaksasi yang membuat tubuh tenang. Melakukan yoga kecil, membaca buku, mandi air hangat, atau mendengarkan musik bernada melow bisa menjadi pilihan agar cepat tidur.

3. Hindari Makan Berat Sebelum Tidur

cara tidur nyenyak dan bangun pagi

Jangan Terlalu Banyak Makan Sebelum Tidur

Kebiasaan buruk lainnya yang membuatmu sulit tidur dan tidak bisa bangun pagi adalah mengonsumsi makanan berat. Pasalnya, makanan berat ini akan membuat sistem pencernaan bekerja lebih keras sehingga mengganggu tidur menjadi tidak nyenyak. Jika merasa lapar ketika malam hari, cukup konsumsi makan ringan seperti biskuit, sereal, atau susu.

Pastikan juga kamu membatasi waktu makan, paling lambat satu jam sebelum tidur. Hal ini dilakukan agar makanan sudah dicerna oleh perut sehingga ketika tidur tidak terasa begah. Dengan begitu kamu bisa tidur dengan nyaman. 

4. Mandi Air Hangat

Jika kamu merasa susah tidur ketika malam hari, akan tetapi dipaksa untuk bangun ketika pagi hari, mandi air hangat bisa menjadi salah satu solusi. Cara ini cukup efektif membuat kita cepat tidur dengan nyenyak karena tubuh merasa rileks. Cukup siapkan air hangat yang bersuhu 37 derajat celcius, jangan sampai terlalu kepanasan karena itu tidak baik untuk tubuh.

5. Jauhkan Diri dari Gadget

cara tidur nyenyak dan bangun pagi

Hentikan Kebiasaan Main Gadget Sebelum Tidur

Tips terakhir yang sering dilalaikan banyak orang adalah menjauhkan diri dari gadget. Karena benda pipih yang satu ini bisa membuat kita kecanduan dan membuat waktu tidur menjadi berkurang. Sinar yang dipancarkan oleh gadget juga tidak baik untuk kesehatan mata. Untuk itu, pastikan kamu mematikan gadget 1,5 jam sebelum tidur.

Banyak orang yang tidak tahu, jika lampu yang dipancarkan dari benda elektronik yang satu ini ternyata bisa menurunkan produksi hormon melatonin. Rendahnya hormon ini akan membuat kita sulit untuk tidur, dan imbasnya mungkin kita tidak bisa bangun pagi sesuai rencana awal yang telah disiapkan.

Itulah 5 cara tidur nyenyak dan bangun pagi yang bisa kamu lakukan. Pastikan tubuh mendapat tidur yang cukup agar dapat beraktivitas lebih produktif lagi di pagi hari. Selain itu juga bisa membuat kamu lebih sehat dan bugar! 

Tinggalkan komentar Bro