5 Jenis Fork Sepeda Gunung Terbaik yang Bisa Dijadikan Pilihan

Oleh : Writer Bro-In


Jika kamu berpikir untuk membeli garpu sepeda atau lebih dikenal dengan sebutan fork terbaik. Kamu harus membaca artikel ini hingga akhir. Disini akan membahas dan memberikan informasi tentang beberapa jenis fork sepeda gunung terbaik.

Ada banyak jenis garpu sepeda yang tersedia di pasaran saat ini, tetapi kamu harus memutuskan mana yang tepat untuk digunakan. Sebaiknya mencari tahu terlebih dahulu mengenai jenis-jenis fork yang pas untuk sepedamu nanti. Kamu juga harus memilih jenis fork sepeda tergantung pada seberapa banyak kamu melakukan bepergian. 

5 Jenis Fork Sepeda Gunung Terbaik

Sekarang mari mulai membahas tentang beberapa jenis fork sepeda terbaik yang ditujukan untuk ban sepeda gunung. Kamu juga dapat memasang fork ini di sepeda menggunakan GPS sepeda gunung. Kamu dapat memilih dan membeli salah satu pilihan jenis fork sepeda berikut ini.

1. XOSS MTB

jenis fork sepeda

Rekomendasi fork sepeda XOSS MTB

Fork suspensi depan XOSS MTB memiliki beberapa keunggulan yaitu:

  1. Tahan lama dan Lebih Ringan dari garpu biasa
  2. Panjang perjalanan 100mm
  3. 100% Produk Berkualitas
  4. Dibuat dengan Paduan Aluminium

Ini adalah jenis fork sepeda gunung standar di Xoss. Fork ini hadir dengan lima warna. Kamu dapat memilih salah satu warna yang sesuai. Fork ini lebih ringan dari jenis fork sepeda biasa lainnya sehingga sepeda kamu tidak akan bertambah berat bahkan setelah memasangnya. 

Ini adalah produk tahan lama dengan hasil akhir kualitas terbaik. Dibuat dengan alumunium yang tidak menimbulkan korosi. Panjang tabung kemudi dari fork adalah 215 mm, tabungnya cukup panjang sehingga kamu dapat memotong dengan panjang yang tepat sesuai kebutuhan. Fork ini hadir dengan kapasitas travel 100mm dan garansi satu tahun. Cocok untuk sepeda headset 1-1 / 8 dengan ukuran roda 26 “/ 27.5”.

2. RST 29 Aerial

RST Aerial 29 merupakan jenis fork terbaik selanjutnya, memiliki kelebihan berikut ini:

  1. Kompatibel dengan rem cakram hidrolik
  2. Ringan dan kokoh
  3. Mampu melakukan perjalanan hingga 100 mm atau 120mm
  4. Lapisan Aluminium Hitam

Dah Ken Industrial Co. Ltd mendirikan merek RST perusahaan yang berfokus pada pembuatan fork sepeda pada tahun 1990-an. Memiliki hampir dua puluh tahun pengalaman, perusahaan ini telah memantapkan dirinya dalam industri pembuatan fork sepeda dengan keahlian teknis dalam membuat sistem suspensi. Jenis fork ini kompatibel dengan rem cakram dan dapat dilepas dengan cepat.

Fork kunci hidrolik ini dibuat di Taiwan dengan berat 5,29 pound dan mampu bergerak dari 100 mm hingga 120 mm. Kemudi fork adalah 255 mm, dan panjang crown dari bilah adalah 510 mm, yang akan memberikan kamu kenyaman saat bersepeda. Fork model Aerial 30 RL ini hadir dengan lapisan aluminium hitam. Serta memiliki masa pakai yang lebih tahan lama karena lapisan aluminium.

3. Downhill MTB DH DHM

jenis fork sepeda

Garpu sepeda gunung Downhill MTB DH DHM

DNM MTB DH Downhill menjadi jenis fork sepeda yang memiliki kualitas terbaik, dengan keunggulan berikut ini:

  1. Berat garpu 3,5 kg
  2. Panjang perjalanan hingga 203mm
  3. Hanya rem cakram yang kompatibel
  4. Kartrid yang dapat diganti sendiri

Fork tersebut memiliki roda berukuran 26 / 27,5 inci dan tabung stator berukuran 28,6 mm yang dibuat dengan merk DNM. Adanya fork

ini dimaksudkan untuk bersepeda dengan berkecepatan tinggi. Fork 730mm ini mampu bergerak hingga 203mm. Ini berarti kompatibel dengan preload / rebound / high pressure. Fork ini dibuat di Taiwan dan hanya kompatibel dengan rem cakram. Berat garpu potong adalah 3,5 kg.

4. Fat Fork- Snow Fat MTB Fork

Fat Fork- Snow Fat MTB Fork ini juga tidak kalah hebat dari jenis fork sepeda sebelumnya, inilah kelebihannya:  

  1. Terbuat dari paduan aluminium
  2. Panjang perjalanan hingga 100mm
  3. Berat fork 2270g
  4. Cocok untuk ban 4,0

Fork ini cocok untuk ban 4,0 “. Beratnya 2270g dan mampu melakukan perjalanan hingga 100mm. Ini adalah fork ban besar merk Generic. Fork ini terbuat dari bahan alumunium alloy sehingga tidak terkikis akibat perjalanan yang berlebihan. Kamu harus berhati-hati saat memasang ini. Fork ini sangat cocok untuk sepeda MTB 26 dengan warna bodinya yang hitam.

5. SR Suntour XCR32

jenis fork sepeda

Rekomendasi fork SR Suntour XCR 32

Jenis fork sepeda terbaik selanjutnya yaitu SR Suntour XCR 32 memiliki spesifikasi berikut: 

  1. Memiliki berat 2.353kg
  2. Untuk ukuran velg 29 inci
  3. Panjang Tabung Kemudi 272mm
  4. Kompatibel hanya dengan rem cakram

SR Suntour adalah produsen komponen sepeda. Merupakan perusahaan milik Jepang yang cukup dikenal. Fork ini cocok untuk ukuran roda 29 inch dan pegas koil. Kapasitas perjalanannya 100mm, dan Axel QR 9mm. namun hanya kompatibel dengan rem cakram, dan bagian bawahnya adalah Magnesium. Tabung penyangga fork adalah 32 mm, dan panjang tabung stator adalah 272 mm. 

Nah itulah 5 jenis fork sepeda terbaik yang dapat kamu pilih. Semoga dengan informasi ini kamu bisa menentukan jenis fork mana yang paling cocok untuk sepeda gunung kamu ya. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan komentar Bro