Para Pecinta Golf, Ketahui 5 Jenis Stick Golf Secara Umum

Oleh : Writer Bro-In


Bagi Anda pecinta olahraga golf atau golfer, tentu sudah familiar dengan peralatan utama yang wajib dimiliki oleh para pemain golf yang satu ini. Apalagi kalau bukan stik golf? Alat yang dirancang untuk memukul bola ini memiliki beragam jenis yang tersebar di pasaran. Lalu, apa sajakah jenis stick golf tersebut?

Daftar Jenis Stick Golf

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, stick golf terbagi menjadi beberapa jenis yang berbeda. Semua jenis tersebut memiliki keunikannya tersendiri. Informasi lebih detailnya adalah sebagai berikut.

1. Jenis Driver

jenis stick golf

Jenis stick golf yang disebut sebagai Driver

Driver menjadi jenis stik golf yang akan digunakan pertama kali pada saat pemain melakukan tee-off. Hal tersebut membuat stik Driver banyak digunakan untuk keperluan pukulan jarak jauh. Seperti halnya jenis stik golf lainnya, Driver juga terus mengalami inovasi seiring dengan berjalannya waktu. 

Inovasi-inovasi tersebut muncul dari berbagai aspek mulai dari bobotnya, tangkai, sudur driver, sudut pandang, juga pusat gravitasi. Jika dilihat dari sisi penampilannya, seri Driver keluaran terbaru memiliki bentuk yang lebih tipis. Walau begitu, konstruksinya menjadi lebih kompleks dan bobotnya pun menjadi lebih ringan. 

Tujuan dari dilakukan inovasi ini adalah untuk menghasilkan ayunan yang paling efisien. Selain itu untuk mendapatkan ayunan yang lebih cepat dibandingkan dengan seri sebelumnya. Adapun salah satu Driver yang bisa Anda jajal ialah jenis TaylorMade M1 2017.

2. Fairway Wood

Penggunaan Fairway Wood biasanya dilakukan apabila jarak bola dari lubang masih terlalu jauh untuk dijangkau oleh stik tipe Iron. Umumnya, fairway wood ini dipakai untuk kedua kalinya setelah pukulan pertama berhasil dilayangkan oleh driver. Saat ini, ada banyak fairway wood yang terbuat dari material serat karbon.

Penggunaan serat karbon akan  membuat stick terasa lebih ringan namun tetap kuat saat digunakan untuk memukul. Cobra King F7 menjadi salah satu jenis stick fairway wood yang bisa dicoba. Dengan menggunakan stik ini, memukul di atas area yang bergelombang sekalipun tidak akan menjadi masalah yang berarti.

3. Hybrid

jenis stick golf

Stick golf yang memiliki jenis hybrid

Mirip seperti driver, hybrid menjadi salah satu jenis stik golf yang banyak digunakan untuk pukulan jarak jauh. Memilih untuk menggunakan jenis stik yang satu ini bisa meningkatkan kepercayaan diri pemainnya ketika bermain. Berbagai kombinasi teknologi untuk hybrid pun terus diperbaharui waktu demi waktunya. Salah satu contoh stik hybrid yang populer di masyarakat ialah Titleist 816H1/H2.

4. Irons

Jenis stik Iron merupakan peralatan pemukul yang paling banyak dibawa oleh pemain golf. Umumnya, Irons digunakan untuk keperluan pukulan jarak menengah, namun tidaklah sejauh fairway wood. Hal ini bisa terjadi karena penggunaan iron lebih ditujukan untuk meningkatkan akurasi pukulan dari pemainnya.

Jika kemampuan seorang pemain sudah mencapai titik medium, maka Iron menjadi salah satu stik yang harus dimiliki. Stik berjenis iron ini biasanya menggunakan material berlapis atau material yang bisa mengubah pusat gravitasi, sehingga dapat meredam suara yang muncul akibat pukulan bola. Salah satu stik iron yang banyak direkomendasikan adalah TaylorMade RocketBladez HL Irons.

5. Wedge

jenis stick golf

Jenis wedge pada stick golf

Bisa dibilang, wedge menjadi sub bagian dari stik iron yang memiliki fungsi khusus. Jenis wedge tersedia dengan berbagai variasi fitur tambahan, desain dan bobot. Jelas, maksud dari poin variasi disini adalah menyesuaikan tujuan dari penggunaannya.

Wedge sendiri secara khusus digunakan untuk berbagai pukulan jarak pendek. Callaway MD3 Milled menjadi salah satu stik yang direkomendasikan untuk jenis wedge. Bila Anda sedang melatih akurasi pukulan jarak pendek, maka stik wedge ini wajib untuk dikoleksi.

Itulah beberapa jenis stick golf yang wajib Anda ketahui. Pada dasarnya, penggunaan stick golf tersebut dibedakan atas tujuan penggunaannya. Karenanya, pastikan dulu apa tujuan yang Anda miliki, baru setelah itu bisa dengan leluasa memilih jenis stik yang cocok.

Tinggalkan komentar Bro