Kini Transaksi Semakin Mudah Dengan Fitur NFC di HP Kamu!

Oleh : Writer Bro-In


Pernahkah kamu kebingungan untuk bayar belanjaan di supermarket atau restoran tapi ngga megang uang cash sama sekali? Kalau pernah, mungkin kamu membutuhkan fitur NFC di smartphone kamu. Hp dengan fitur NFC memiliki banyak kelebihan seperti pembayaran online, top up e-money dan lainnya. Pada artikel kali ini, kita akan ngasih tau apa sih NFC itu serta kelebihan fitur NFC pada HP tuh bisa dipakai buat apa aja? Yuk simak penjelasan dibawah ini ya bro!

Pengertian NFC

NFC sendiri merupakan singkatan dari “Near Field Communication” atau dalam bahasa indonesia bisa diartikan sebagai komunikas dalam jarak dekat. Untuk dapat menggunakan fitur ini, kamu harus memiliki dua perangkat yang dapat kompatibel satu sama lain yang memiliki fungsi sebagai transmitter dan receiver sinyal NFC. Fitur NFC pertama kali digunakan pada tahun 2010 oleh samsung.

Fungsi HP Dengan Fitur NFC

Karena era teknologi sudah semakin canggih, maka banyak masyarakat yang beralih dari sistem uang tunai menjadi non-tunai (cashless). Dengan demikian pola transaksi pun turut bergeser menjadi digital. Ada banyak manfaat yang didapatkan dari pembayaran digital yaitu kecepatan transaksi, faktor keamanan dan kemudahan yang diberikan. Berikut adalah fungsi yang bisa kamu dapatkan dari fitur NFC di smartphone kamu.

1. Transfer File

transfer file

Ini adalah salah satu manfaat yang paling umum dari NFC yang ada di smartphone. Kamu dapat mentransfer file yang ada di smartphone kamu ke smartphone teman kamu hanya dengan menempelkan kedua smartphone tersebut. Tapi, selain smartphone kamu yang punya fitur NFC, smartphone teman kamu pun juga harus mempunyai fitur ini.

2. Untuk Pembayaran Cashless

Di era di mana istilah cashless semakin populer di masyarakat, tentu kehadiran fitur NFC pada smartphone bisa menjadi alat pembayaran menjadi sangat berguna dan efisien. Kamu hanya perlu menempelkan smartphone-mu ke alat tertentu. Nantinya, NFC akan menyalurkan data yang dibutuhkan sehingga proses pembayaran bisa diproses dengan cepat pada scanner payment-nya.

3. NFC Tag

Ada teknologi yang dapat di-sinkronisasi dengan NFC dalam smartphone kamu bernama NFC Tag. Teknologi ini bisa membuat kamu membuka aplikasi, mengirim pesan, interaksi dengan hanya menempelkan smartphone kamu dengan NFC Tag saja. Selain itu, NFC Tag sendiri sudah dimanfaatkan untuk beberapa sektor, seperti pada toko-toko ataupun perusahaan untuk menunjukkan detail harga dan barang, dan juga menandai lokasi.

4. Bermain Game Online

Kamu  dapat juga memanfaatkan NFC untuk menghubungkan beberapa player game online. Namun, pastikan game yang kamu mainkan juga harus sudah mendukung NFC. Ada banyak game online yang bisa dimainkan. Jadi ga perlu khawatir lagi bro kalau kehabisan voucher pas lagi main game online di smartphone kamu, bisa langsung belanja menggunakan fitur NFC.

5. Akses  Untuk Top Up dan Integrasi Data

data integration

hal yang paling menarik dari NFC adalah kemampuannya membaca data, termasuk smart card yang semakin banyak jenisnya. Kamu bisa mengecek saldo e-money, mengecek identitas pada e-KTP milikmu, hingga mengisi saldo untuk kartu e-Toll. Dengan NFC integrasi data semakin mudah dan cepat dilakukan.

Sudah tau kan kelebihan dan keunggulan dari NFC? Jika kebutuhan transaksi kamu super banyak maka tak ada salahnya kamu bisa pilih Smartphone dengan fitur NFC di HP kamu untuk membantu semua aktivitas cashless kamu ya bro!

Tinggalkan komentar Bro