Kenali Definisi dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan

Oleh : Writer Bro-In


Kepuasan pelanggan adalah salah satu hal yang tidak bisa diabaikan oleh setiap pemilik usaha. Hal ini bisa didefinisikan sebagai rasa senang maupun kecewa yang diterima seorang konsumen. Perasaan ini timbul setelah membandingkan produk maupun jasa dari apa yang mereka pikirkan dengan apa yang mereka harapkan. 

Kenali 5 Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Berikut

Penting bagi para pemilik usaha untuk memperhatikan kepuasan dari setiap konsumennya, karena hal inilah yang akan menentukan maju atau tidaknya suatu usaha. Kepuasan yang dirasakan oleh konsumen sendiri dipengaruhi oleh banyak hal. Inilah 5 faktor yang mempengaruhi adanya kepuasan pelanggan: 

1. Mutu Produk

kepuasan pelanggan

Kualitas mutu dari produk yang dijual juga sangat menentukan kepuasan dari para konsumen

Hal pertama yang tidak dipisahkan jika ditanya mengenai kepuasan pelanggan, pasti akan menjawab mutu atau kualitas produk yang ditawarkan oleh perusahaan. Untuk itu, menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi perusahaan untuk tetap mempertahankan dan meningkatkan mutu produk mereka. Tujuannya agar kepuasan  dari konsumen tetap terjaga. 

Jangan sampai pelanggan merasa kecewa. Apalagi jika mutu produk yang ditawarkan seiring berjalannya waktu justru menurun, dan tidak ada perkembangan yang signifikan. Mutu produk juga bisa menjadi salah satu strategi pemasaran terbaik yang bisa perusahaan tawarkan.

Pastikan selalu melakukan inovasi baru terhadap produk yang dikembangkan. Hal ini akan tetap menjaga citra baik brand perusahaan di hati pelanggan. Jangan sampai perusahaan cukup puas dengan salah satu produknya dan tidak melakukan pengembangan lebih baik lagi kedepannya.

2. Kualitas Pelayanan

Selain dari segi kualitas produk yang ditawarkan, pelanggan juga akan menilai kualitas pelayanan yang ditawarkan dari perusahaan. Selain itu juga dari seluruh karyawan yang bekerja. Hal ini menjadi catatan penting, terutama bagi perusahaan jasa.

Untuk itu, pastikan pelanggan merasa puas karena telah mendapatkan pelayanan yang terbaik dari kita. Selalu sapa pelanggan dengan ramah, dan juga tawarkan berbagai opsi ketika tidak ada produk yang tidak sesuai dengan apa yang dicarinya. Dengan begitu kepuasan dari konsumen bisa terjaga atau bahkan bisa meningkat. 

3. Harga Beli

kepuasan pelanggan

Adanya kepuasan dari konsumen juga dipengaruhi oleh harga beli

Faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan selanjutnya adalah pada penetapan harga. Pasalnya, seorang pelanggan akan memilih membandingkan antara produk satu dengan yang lainnya untuk mendapatkan harga yang paling terjangkau. Tentunya dengan kualitas dan spesifikasi penawaran yang sama.

Untuk itu, ada baiknya jika kita memberikan standar pasar untuk sebuah produk yang akan dirilis. Selalu lakukan riset pasar dan tentukan siapa saja target pasar kita. Berikan harga yang terjangkau dengan kualitas yang tetap nomor satu.

4. Kemudahan

Seorang pembeli adalah raja. Istilah harus kita pakai dalam dunia pemasaran. Jangan sampai kita mempersulit pelanggan yang sudah melirik produk kita. Tawarkan beberapa opsi yang memudahkan pelanggan dalam proses pembelian agar nyaman dengan pelayanan kita.

Faktor kemudahan ini jugalah yang membuat pelanggan bisa menjadi langganan tetap pada produk kita. Hindarilah untuk memberikan harga lebih atau transaksi yang rumit jika melibatkan jasa tambahan, seperti COD, dll. Dengan begitu konsumen akan tetap merasa puas untuk membeli produk yang kita tawarkan. 

5. Testimoni

kepuasan pelanggan

Adanya testimoni atau review dari konsumen lain juga turut andil dalam kepuasan pelanggan

Faktor yang mempengaruhi kepuasaan pelanggan selanjutnya adalah berdasarkan testimoni atau rekomendasi dari orang lain. Jika pelanggan mendapatkan testimoni dari orang lain, pastinya ia akan lebih berekspektasi lebih terhadap sebuah produk. Hal ini bisa kita manfaatkan untuk mempengaruhi kepuasannya.

Saat seorang pelanggan akhirnya jatuh hati dan memilih produk kita, tentunya pelanggan akan membandingkan cerita orang lain dengan pengalamannya sendiri. Pelanggan akan merasakan kepuasan tersendiri jika cerita baik yang dialami orang lain diterima juga olehnya. Hal ini bisa sangat mempengaruhi reputasi perusahaan yang kita miliki. 

Itulah beberapa faktor kepuasan pelanggan yang bisa mempengaruhi pemasaran. Selalu pelajari apa saja hal-hal yang bisa membuat pelanggan merasa produk kita, dan juga tidak. Jangan sampai pelanggan merasa kecewa dan kapok membeli produk kita. Perhatikan poin-poin di atas, diterapkan pada bisnismu! 

 

Tinggalkan komentar Bro