Rekomendasi Gaya Pakaian Wawancara Kerja Wanita Terbaik

Oleh : Writer Bro-In


Salah satu tahapan dalam proses seleksi pekerjaan adalah wawancara. Tahapan ini seringkali menjadi kunci apakah seseorang dinyatakan lolos untuk bekerja pada satu kantor tertentu. Oleh karena itu, kesiapan calon pekerja akan sangat diuji dalam tahap ini. Salah satu hal lain yang tidak bisa diabaikan saat wawancara adalah gaya pakaian wawancara kerja.

5 Gaya Pakaian Wawancara Kerja Wanita

Outfit atau pakaian saat wawancara juga memiliki poin penilaian oleh interviewer. Karena sifat seseorang, seberapa kuat kemauannya bekerja, serta profesionalitasnya akan terlihat dari cara berpakaian yang ditunjukkan. Bagi Anda khususnya wanita yang akan melakukan wawancara kerja, berikut ini merupakan rekomendasi gaya pakaian terbaik:

1. Kombinasi Blazer dengan Rok

Pakaian Wawancara Kerja

Tampil Formal dan Feminim dengan Blazer dan Rok

Bagi Anda yang ingin tampil lebih feminim, maka dapat menggunakan setelan yang satu ini. Jangan lupa untuk memilih rok dengan kesan yang lebih sopan. Jangan menggunakan rok yang terlalu pendek. 

Untuk jenis blazer yang digunakan,dapat disesuaikan dengan model yang disuka. Akan tetapi, akan lebih baik jika menggunakan blazer dengan model yang sederhana. Untuk bagian dalam blazer, Anda dapat menggunakan kemeja dengan warna polos. Warna putih dapat menjadi pilihan yang tepat akan tetapi Anda juga dapat menggunakan warna lainnya. 

2. Menggunakan Atasan Blouse dengan Celana Panjang

Ini menjadi salah satu setelan yang banyak digunakan oleh pencari kerja. Blouse yang digunakan boleh dengan lengan panjang atau pendek. Akan tetapi, untuk celana yang digunakan alangkah baiknya menggunakan celana panjang. Jangan lupa untuk memilih celana dengan kesan yang lebih formal dan rapi. 

Untuk warna setelah yang digunakan, Anda dapat memilih warna abu-abu, biru, atau cokelat. Anda juga dapat menggunakan warna netral seperti hitam. Warna netral dapat memberikan kesan profesional yang kuat. 

3. Blazer dengan Tambahan Turtle Neck

Pakaian Wawancara Kerja

Untuk Tampilan Lebih Sporty Gunakan Turtle Neck

Nah, bagi Anda yang melamar di posisi semi formal, maka setelan yang satu ini dapat Anda gunakan. Dengan menggunakan turtle neck, maka tampilan Anda akan lebih segar. Selain itu, ini juga akan menunjukkan bahwa Anda lebih sporty.

Untuk menambahkan kesan profesional, blazer dapat menjadi pilihan kombinasi yang tepat. Untuk warna yang digunakan, akan tetap disarankan untuk menggunakan warna-warna netral yang tidak terlalu mencolok. Agar, kesan profesional dan formal masih tetap terjaga. 

4. Kombinasi Cardigan dengan Celana Panjang

Bagi Anda yang masih bingung ingin berpenampilan seperti apa, maka Anda dapat menggunakan cardigan motif yang dikombinasikan dengan celana panjang. Saat Anda berpenampilan seperti ini, maka Anda dapat menjadi pusat perhatian saat datang ke wawancara. Ini dapat memberikan kesan orang yang lebih kreatif pada diri Anda. 

Untuk bagian dalam cardigan, Anda dapat menggunakan kemeja polos. Warna yang paling aman untuk kombinasi ini adalah kemeja putih atau hitam. Warna ini dipilih agar kesan formal dan profesional tetap terjaga. 

5. Dress dengan Kombinasi Blazer

Pakaian Wawancara Kerja

Menggunakan Dress dan Blazer Agar Terlihat Lebih Formal dan Trendy

Siapa bilang jika wawancara tidak boleh menggunakan dress? Anda dapat menggunakan dress saat wawancara. Akan tetapi, Anda harus memilih blazer serta dress yang cocok untuk acara formal. Anda dapat memilih dress dengan bawahan span sehingga tampil lebih feminim. Ini berfungsi untuk mengatasi blazer yang biasanya menambah volume tubuh. 

Nah, itulah beberapa gaya pakaian wawancara kerja untuk wanita. Berbagai setelan tersebut dapat Anda kombinasikan untuk mendapatkan kesan yang lebih profesional. Untuk setelan baju wawancara kerja untuk pria tentu akan lebih simple dari ini. Anda hanya cukup mengenakan kemeja dengan lengan panjang maupun pendek dengan celana panjang. 

 

Tinggalkan komentar Bro