Catat 5 Poin Penting Persiapan Sebelum Wawancara Berikut Ini!

Oleh : Writer Bro-In


Wawancara kerja merupakan salah satu tahapan rekrutmen yang biasa dilakukan oleh sebuah instansi, baik lembaga pemerintahan maupun perusahaan yang membutuhkan karyawan untuk dipekerjakan. Tahapan ini menjadi poin penting pertimbangan perusahaan. Pahami tips dan persiapan sebelum wawancara berikut.

Catat 5 Poin Penting Persiapan Sebelum Wawancara

1. Memahami Profil Perusahaan

persiapan sebelum wawancara

Usahakan sudah menguasai tentang profil perusahaan yang dilamar

Tips pertama yang tidak bisa kamu tinggalkan begitu saja adalah coba pahami mengenai lebih jauh perusahaan yang akan kamu lamar. Pasalnya, wawancara kerja juga akan mengetes calon kandidat mengenai profil atau kabar terkini yang terkait dengan perusahaan. Oleh karena itu, profil perusahaan sangat penting untuk kamu perhatikan. 

Sekarang ini, kamu bisa dengan mudah mencari informasi mengenai profil perusahaan melalui situs resmi perusahaan maupun dari teman yang bekerja di sama. Informasi yang bisa kamu gali mengenai latar belakang, misi perusahaan, produk dan jasa serta press release tentang perkembangan perusahaan.

2. Mempelajari Lebih Jauh Posisi Pekerjaan

Tips yang tidak kalah penting selanjutnya adalah pastikan jika kamu sudah mempelajari dengan baik mengenai posisi yang akan kamu lamar. Pastikan juga deskripsi pekerjaannya (job desc). Jangan sampai, ketika diwawancarai kamu tidak bisa menjawab apa-apa.

Hal ini biasa dilakukan oleh tim rekrutmen yang menguji pengetahuanmu mengenai hal ini. Kamu bisa googling terlebih dahulu mengenai apa saja yang terkait dengan posisi yang akan kamu lamar. Banyak juga situs terpercaya di Internet yang bisa menjadi sumber referensi.

3. Buat Catatan Singkat

persiapan sebelum wawancara

Membuat catatan singkat agar lebih sigap saat menjawab pertanyaan juga sangat dianjurkan

Tidak ada salahnya, jika sebelum wawancara kerja kamu membuka situs-situs terpercaya di Internet mengenai pertanyaan apa saja yang biasanya ditanyakan ketika proses wawancara. Cobalah kamu jawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, dan buatlah poin pentingnya. Hal ini akan sangat membantumu ketika ditanyai oleh pihak rekrutmen. 

Kamu sudah membuat gambaran, sehingga akan lancar dan tidak terkesan lama dalam menjawabnya. Pertanyaan yang biasanya ditanyakan adalah, “Apa saja pengalaman kerjamu.” Untuk menjawab pertanyaan ini, kamu harus menyiapkan jawaban yang bisa membuat pihak perusahaan terpukau dan tidak ragu untuk menerima kehadiranmu bekerja di perusahaannya.

4. Persiapkan Semua Dokumen

Sebelum wawancara kerja, pastikan juga kamu sudah menyiapkan segala kebutuhannya. Mulai dari dokumen-dokumen yang akan dibutuhkan seperti CV, fotokopi ijazah, transkrip nilai, portofolio foto dan lainnya sesuai instruksi dalam email maupun telepon dalam undangan wawancara.

Jangan lupa juga untuk tetap membawa alat tulis. Karena biasanya sebelum proses wawancara berlangsung, kamu diminta untuk mengisi beberapa formulir maupun daftar kehadiran. Pastikan juga kamu disiplin dan tepat waktu saat memulai wawancara kerja ini.

Jangan sampai telat ketika sedang mendapat undangan wawancara kerja. Sebisa mungkin, kamu siapkan semuanya satu jam sebelum dimulai. Hal ini akan membuat pikiran menjadi lebih rileks, sehingga bisa menjawab pertanyaan yang dilontarkan dengan mudah.

5. Berpenampilan Terbaik

persiapan sebelum wawancara

Berikan penampilan terbaik saat tes berlangsung

Selain keempat hal di atas, hal yang tidak bisa kamu sepelekan selanjutnya adalah pastikan menggunakan pakaian terbaikmu. Meskipun demikian, jangan berpakaian berlebihan dan terkesan mencolok. Tetap patuhi standar perusahaan dengan memakai pakain formal atau semi formal dengan begitu penilaian tentang pakaian saat wawancara akan jauh lebih baik.

Buat first impression yang menarik untuk HRD. Jangan sampai melihat penampilanmu saja, tim perusahaan sudah malas dan tidak ingin merekrut menjadi karyawannya. Untuk itu, pastikan kamu menyetrika rapi kemeja dan celana mu, agar tidak terlihat kusut dan sedap dipandang mata.

Itulah lima tips dan persiapan yang bisa kamu perhatikan sebelum melakukan wawancara kerja. Jangan sampai menyepelekan salah satunya, karena semua poin di atas saling berkaitan satu sama lain. Selamat mencoba dan semoga berhasil! 

 

Tinggalkan komentar Bro