Mengenal Jenis Bagian dan Fungsi Sparepart Sepeda Gunung

Oleh : Writer Bro-In


Saat ini penggemar olahraga gowes kian bertambah, bersepeda menjadi olahraga yang sedang tren akhir-akhir ini, terutama penggemar sepeda gunung. Mungkin beberapa penggemar olahraga gowes pemula belum mengenali sparepart sepeda gunungnya, sehingga kadang merasa kesulitan ketika ingin memperbaiki fungsi atau melakukan upgrade pada sepeda gunung yang dimiliki. 

Tidak hanya kemampuan dalam bersepeda saja yang penting dipelajari, namun mempelajari bagian-bagian dan fungsi dari sparepart sepeda kamu juga penting dilakukan. Tujuannya agar tidak hanya menjadi penggemar gowes musiman. Untuk itu bagi kamu yang belum paham mengenai fungsi dari jenis bagian sparepart dari sepeda gunung, inilah berbagai sparepart dan fungsinya.

Jenis Bagian-bagian Sparepart Sepeda Gunung dengan Fungsinya

sparepart sepeda gunung

Mengenali berbagai bagian dari sepeda gunung dan apa saja fungsinya

  1. Handlebar, yaitu stang sepeda yang berfungsi sebagai tempat pegangan.
  2. Headset and Stem, headset adalah tiang yang berfungsi menahan stang sepeda dari garpu (Fork) ke frame dan kemudi. Sedangkan untuk stem merupakan penghubung antara tiang garpu depan dengan stang yang dijepit dengan headset.
  3. Grip, yaitu pegangan yang dipasang di ujung stang atau handlebar biasanya terbuat dari karet bertekstur yang berfungsi sebagai pegangan agar tidak licin.
  4. Disk Brake Mechanic, yaitu rem dengan rotor yang menggunakan sistem kabel. Disini rem tidak menjepit velg ban tapi dijepit pada piring rotor disk brake, berfungsi untuk pengereman.
  5. V-Brake, yaitu rem biasa dengan penggunaan karet yang menjepit bagian velg untuk fungsi pengereman.
  6. Disk Brake Hydrolic, yaitu yang menggunakan sistem tekanan hidrolik. Penggunaan rem jenis ini dibutuhkan perawatan dan minyak rem. Berfungsi melakukan pengereman dengan lebih ringan dan nyaman dibandingkan kedua jenis rem sebelumnya. Ada dua jenis minyak rem untuk penggunaan jenis rem ini yaitu minyak DOT dan mineral oil.
  7. Rim, yaitu ring pada bagian roda. Memiliki fungsi sebagai bagian roda yang menahan ban.
  8. Rotor, yaitu cakram sepeda jenis disk brake. Umumnya semakin besar ukuran rotor pada sepeda akan semakin kuat cengkraman ketika melakukan pengereman.
  9. Front Derailleur, yaitu bagian yang berfungsi untuk memindahkan rantai pada chainrings satu ke posisi lain.
  10. Rear Derailleur, yang bagian yang juga berfungsi untuk memindahkan rantai pada sprocket satu ke posisi lain.
  11. Chainrings, yaitu gear depan yang ada pada sepeda.
  12. Sprocket, yaitu gear pada belakang sepeda.
  13. Chain, yaitu rantai yang memiliki fungsi sebagai penyalur tenaga dari gear depan ke roda belakang.
  14. Caliper Brake, yaitu bagian yang biasanya terdapat juga pada motor, memiliki fungsi sebagai penjepit piringan pada cakram.
  15. Rear Shock, yaitu bagian pada shock breaker pada belakang sepeda, biasanya berfungsi pada sepeda yang biasa digunakan melewati jalanan yang ekstrim seperti downhill.
  16. Brifter, yaitu gabungan dari shifter dan brake lever yang berfungsi sebagai bagian pengendali dari front derailleur, rear derailleur, dan juga rem pada sepeda.
  17. Shifter, yaitu bagian yang berfungsi untuk memindahkan rasio gigi pada sepeda.
  18. Brake Lever, yaitu bagian sparepart yang berfungsi untuk menggerakkan rem agar berfungsi dengan baik.
  19. Clamp Set, yaitu penahan seatpost yang menjepit tiang bangku sepeda, memiliki fungsi untuk menurunkan atau menaikkan bangku dudukan.
  20. Seat Post, yaitu tiang yang memiliki fungsi menahan sadel pada sepeda.

Nah itulah beberapa jenis bagian sparepart sepeda gunung yang telah kamu ketahui. Dalam melakukan perawatan atau upgrade memang dibutuhkan pengetahuan seputar bagian-bagian pada sepeda yang dimiliki. Itu supaya kamu lebih tepat dalam melakukan perawatan yang dilakukan

Tinggalkan komentar Bro