Jangan Asal Pilih, Perhatikan 5 Tips Memilih Power Bank Berikut Ini

Oleh : Writer Bro-In


Power bank merupakan salah satu benda yang wajib dibawa setelah HP. Pasalnya, benda ini akan membantu kita untuk meng-charge daya HP ketika sewaktu-waktu habis di tengah jalan. Dalam pemilihan power bank sendiri, ada beberapa tahap yang bisa kamu lakukan agar awet dan memberikan kualitas terbaik untuk smartphone android maupun iPhone kita. Apa saja tips memilih power bank?

5 Tips Memilih Power Bank yang Harus Diperhatikan

1. Pilih Sesuai Budget

tips memilih power bank

Pilihlah powerbank yang sesuai dengan budget

Langkah pertama yang bisa kamu perhatikan sebelum membeli power bank adalah pastikan budget yang tersedia. Pastikan kamu memilih power bank dengan kualitas terbaik sesuai budget yang kamu miliki. Dengan begitu proses memilih power bank bisa lebih mudah. 

Banyak power bank berkualitas yang mematok dengan harga tinggi. Namun, ada juga beberapa produk menyediakan power bank dengan kualitas baik namun dengan harga terjangkau. Tugas kita adalah memilih mana yang paling sesuai dengan budget yang kita miliki. 

2. Pastikan Kualitas Power Bank

Tips selanjutnya yang bisa kamu lakukan sebelum membeli power bank adalah dengan benar-benar memperhatikan kualitasnya. Jangan tergoda dengan beberapa mereka terkenal di pasaran, kamu harus bisa memastikan keasliannya. Jangan sampai power bank yang kamu beli adalah barang kalengan.

Kamu bisa membeli dengan merek ternama yang sudah benar-benar teruji kualitasnya. Dengan mereka terkenal yang menawarkan spesifikasi bagus, pasti akan mematok harga yang cukup tinggi. Untuk itu, jangan sampai kamu mudah tergoda dengan power bank bermerek yang menawarkan harga murah. Karena bisa jadi itu produk kw, alias tiruan.

3. Pilih Power Bank yang Kompatibel dengan Perangkat

tips memilih power bank

Pastikan bahwa power bank kompatibel dengan gadget kita

Tips selanjutnya yang tidak bisa disepelekan begitu saja ketika hendak membeli power bank adalah pastikan kamu memilih power bank yang kompatibel dengan perangkat. Sebelum membeli, lihat lihat kompatibilitas bank daya dengan perangkat yang dimiliki. Hal ini  biasanya terlihat pada kemasan power bank tersebut. 

Power bank yang kurang cocok daya kompatibelnya ini akan mendatangkan efek buruk. Bahkan, bisa merusak dan mempersingkat masa pakai baterai gadget. Oleh karena itu perhatikan dengan detail apakah power bank yang akan dibeli memang kompatibel dengan gadget mu. 

4. Sesuaikan dengan Jenis Kebutuhanmu

Tahukah kamu, power bank memiliki dua jenis. Jenis pertama adalah bank daya yang menggunakan baterai kering. Jenis kedua adalah bank daya yang bisa digunakan beberapa kali dengan mengisi ulang baterainya. 

Ada power bank dengan daya tipe kering memiliki kapasitas yang tidak besar. Harga yang ditawarkan power bank ini juga relatif murah dan bisa diandalkan ketika tiba-tiba harus mengisi baterai ketika bepergian. Sementara itu, ada juga power bank dengan daya isi ulang menggunakan sistem input daya ampere.

Pada jenis power bank yang menggunakan sistem input daya ampere ini semakin tinggi daya input, semakin pendek waktu yang dibutuhkan untuk mengisi baterai. Power bank dengan jenis bank daya ini sangat direkomendasikan untuk dibeli. Khususnya untuk kamu yang sering menggunakan gadget.

5. Nilai Arus Harus Seimbang dengan Ponsel

tips memilih power bank

Pastikan bahwa nilai arus sudah sesuai dengan ponsel

Langkah terakhir yang bisa kamu perhatikan sebelum membeli power bank adalah dengan memperhatikan nilai arus dengan ponselmu. Pasalnya, aliran daya sangat berperan penting dalam penggunaan ponsel. Semakin besar arus daya yang mengalir, maka akan semakin cepat baterai ponsel akan terisi.

Apalagi saat ini mudah dijumpai ponsel dengan fitur pengisian cepat. Oleh karena itu, sebelum membeli pastikan kamu memeriksa terlebih dahulu arus bank dayanya, dan sesuaikan dengan ponselmu. Jika daya yang dibutuhkan dua ampere, kamu bisa membeli power bank dengan arus yang sama.

Itulah lima tips memilih power bank yang bisa menjadi referensi tepat untukmu. Pastikan tidak salah pilih, untuk menghindari kemungkinan-kemungkinan yang tidak diinginkan. Selamat membeli dan happy shopping! 

 

Tinggalkan komentar Bro