Tips Memilih Warna Cat Rumah yang Tepat Agar Nyaman dan Enak Dipandang 

Oleh : Writer Bro-In


Mengecat rumah adalah salah satu hal yang perlu kamu perhatikan agar tampilan rumah menjadi bagus. Meskipun kelihatan sepele, ternyata melakukan cat rumah tidak bisa sembarangan. Karena hal ini justru bisa membuat tampilan cat rumahmu menjadi tidak bagus. Lalu, apa saja tips memilih warna cat rumah? 

5 Tips Memilih Warna Cat Rumah

Dengan perencanaan yang tepat, rumah yang akan kamu rombak akan terlihat lebih baik. Bukan itu saja, dengan pemilihan warna yang tepat, suasana rumah yang dihadirkan juga bisa semakin nyaman. Inilah tips yang harus kamu lakukan sebelum memilih warna cat untuk hunianmu:

1. Pilih Berdasarkan Mood

tips memilih warna cat rumah

Pilihlah warna yang sesuai dengan mood kamu

Tahukah kamu, meskipun memilih warna cat rumah sekalipun dengan mengandalkan mood maka hasilnya akan jadi lebih baik. Hal ini tentunya akan berbeda jika kamu memilih cat warna yang bahkan kamu sudah tidak suka. Oleh karena itu hal ini sangat penting untuk dilakukan. 

Kamu bisa mempertimbangkan suasana apa yang ingin kamu hadirkan dalam sebuah ruangan. Apakah kamu ingin menghadirkan kesan mewah, simple, modern, artistik, dan sebagainya. Kamu bisa memadukan semua ini dengan mood pemilihan warna yang kamu suka.

2. Manfaatkan Cakram Warna

Tips untuk memilih cat warna rumah selanjutnya adalah dengan memperhatikan cakram warna. Dengan menggunakan cakram warna ini, kamu bisa mendapatkan warna-warna yang bersebelahan dari ketiga warna cat dasar. Warna tersebut adalah merah, kuning, dan biru, akan didapat warna-warna sekunder, tersier, dan turunannya.

Dengan menggunakan cakram warna ini, kamu bisa memadukan dan memvariasikan dengan kontras warna yang tidak jauh berbeda namun tetap sedap dipandang mata. Dengan cakram warna ini juga, kamu bisa membangun suasana ruangan yang menyejukkan dan membuat betah berlama-lama untuk tinggal.

3. Sesuaikan dengan Ukuran Ruangan

tips memilih warna cat rumah

Jangan lupa sesuaikan juga dengan ukuran ruangan

Tips selanjutnya untuk mendapatkan warna cat rumah yang bagus dan sedap dipandang mata adalah kamu harus pintar-pintarnya menyesuaikan antara warna dengan ukuran ruangan. Jangan sampai perpaduan yang kamu pilih justru membuat ruangan semakin terkesan sempit. Dengan begitu suasana rumah bisa menjadi semakin terlihat luas. 

Tidak ada salahnya jika kamu mengaplikasikan warna putih dan coklat muda kayu untuk menaruh di open-plan minimalis gabungan dapur dan ruang keluarga yang relatif sempit. Kamu juga bisa menambahkan warna kuning untuk kursi makan dan sofa bulat dengan gaya pop art. Dengan kombinasi tersebut, vibe yang dihasilkan bisa semakin menarik. 

4. Uji Cat Warna dengan Tembok

Sering disepelekan, bahkan diabaikan. Kebanyakan orang tidak memperhatikan jenis tembok mereka. Dan cenderung memilih produk cat warna yang asal. Padahal, cat warna yang belum tentu kualitasnya tidak bisa menghasilkan tekstur dan warna yang bagus bagi tembok.

Untuk itu, tidak ada salahnya jika kamu menguji warna pada papan poster di salah satu tembok rumah yang memiliki area yang besar, dengan mempertimbahkan warna-warna yang kuat, tajam, atau bahkan lembut. Dengan memperhatikan hal-hal ini, kamu bisa mendapatkan cat warna rumah yang berkualitas.

5. Pertimbangkan Perbedaan Warna Antara Ruangan

tips memilih warna cat rumah

Kesesuaian warna antar ruangan juga jangan sampai kamu abaikan

Hal yang tidak kalah penting dalam pemilihan warna cat rumah tidak melulu soal warna. Melainkan kamu juga harus mempertimbangkan perbedaan warna antara ruangan. Karena pastinya rumahmu tidak hanya terdiri dari satu ruangan saja. Oleh karena itu, kamu harus pintar memilih dan mengolah warna agar tidak terkesan monoton, atau justru terlalu rame.

Hal ini selain bagus juga akan menambah nilai seni dan juga artistik yang tinggi. Pastikan juga setiap ruangan memiliki komposisi yang seimbang untuk mendukung setiap ruangnya. Keserasian ini bisa kamu hadirkan dalam segi furniturnya, dekorasi, karpet, atau bahkan dari hiasan dindingnya.

Itulah lima tips yang bisa kamu pakai untuk memilih warna cat rumah yang bagus dan memiliki nilai artistik seni yang tinggi. Dengan berbagai tips ini diharapkan, hasil cat yang telah kamu pilih bisa menambah kenyamanan dan keindahan rumah. Selamat mencoba! 

Tinggalkan komentar Bro